Tautan-tautan Akses

AS

Badai Ida Mendekat, Badan Penanggulangan Bencana AS Bantu Wilayah Teluk


Deburan ombak di tepi laut saat badai Ida mendekati pulau itu, di Havana, Kuba, 27 Agustus 2021. (Foto: REUTERS/Alexandre Meneghini)

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki, Jumat (27/8), mengatakan Presiden Joe Biden dan Administrator Badan Penanggulangan Bencana Federal (Federal Emergency Management Agency/FEMA) Deanne Criswell akan melangsungkan pertemuan melalui telepon dengan para gubernur di wilayah Teluk. Pembicaraan itu dilakukan menjelang tibanya badai Ida yang diperkirakan akan menyelimuti kawasan Teluk pada Minggu (29/8).

Psaki mengatakan Criswell, Kamis (26/8), telah bertemu dengan Gubernur Louisiana Bel Edwards dan FEMA memastikan akan menyediakan sumber daya ke wilayah itu, termasuk paramedis dan ambulans.

Citra satelit OES-16 East GeoColor ini diambil pada 26 Agustus 2021, menunjukkan Badai Tropis Ida di Laut Karibia. (Foto: AP)
Citra satelit OES-16 East GeoColor ini diambil pada 26 Agustus 2021, menunjukkan Badai Tropis Ida di Laut Karibia. (Foto: AP)

FEMA akan membantu pergerakan pasien, dan pemerintah federal akan menyiapkan air bersih, makanan dan generator.

National Hurricane Center mengingatkan badai Ida yang melanda Kuba hari Jumat akan meningkat dengan cepat dan melaju melintasi perairan Teluk yang hangat, untuk kemudian menghantam Louisiana sebagai badai kategori tiga.

Jika ramalan itu benar, Ida akan menghantam negara bagian Louisiana tepat pada peringatan 16 tahun bencana badai Katrina. Badai Ida yang merupakan badai kategori tiga akan bertiup dengan kecepatan 201 kilometer per jam di dekat komunitas tepi Sungai Buras di Plaquemines Parish, di ujung Mississippi dari New Orleans.

Badai Katrina tahun 2005 menewaskan 1.800 orang dari pesisir Louisiana hingga ke garis negara bagian Mississippi-Alabama. [em/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG