Tautan-tautan Akses

AS

Badai Henri Bergerak ke Utara, Keadaan Darurat untuk Vermont


Taman kota di Hartford, negara bagian Connecticut tergenang banjir akibat badai tropis Henri melintasi bagian timur laut Amerika Serikat Senin (23/8).

Sisa-sisa Badai Tropis Henri bergerak perlahan melintasi bagian timur laut Amerika Serikat Senin (23/8). Hujan lebat dan potensi banjir mendorong Gedung Putih mendeklarasi keadaan darurat untuk negara bagian Vermont.

Presiden Amerika Joe Biden mengeluarkan deklarasi itu Senin (23/8), memungkinkan Vermont menerima bantuan federal untuk membersihkan imbas badai, yang melanda pesisir Rhode Island pada Minggu dengan angin kencang, hujan lebat, dan gelombang badai.

Presiden pada Minggu menyetujui deklarasi darurat untuk Rhode Island, Connecticut dan New York. Gedung Putih mengatakan Badan Manajemen Darurat Federal telah mengerahkan sumber daya seperti generator, makanan dan air ke wilayah tersebut untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Henri mulai bergerak ke utara menuju New York dan wilayah New England sejak Sabtu. Badai itu menghantam Kota New York Sabtu sore dengan hujan dan kilat sehingga konser "We Love New York" yang sarat bintang di Central Park dihentikan. Sabtu Malam, sewaktu hampir menyeberangi Long Island, petir menyambar bagian atas One World Trade Center di Manhattan.

Pada laporan terakhir, Pusat Badai Nasional mengatakan pusat dari sisa badai itu berada di selatan Connecticut dan bergerak sangat lambat ke timur. Selasa pagi, Henri diperkirakan bergerak kembali di atas Samudra Atlantik.[ka/lt]

XS
SM
MD
LG