Tautan-tautan Akses

AS Serahkan Surat dari Trump untuk Kim


Menlu AS berjabat tangan dengan Menlu RI, Retno Marsudi, dalam pertemuan mereka di Jakarta, Indonesia, 4 Agustus 2018 (foto: Dita Alangkara/Pool via Reuters)
Menlu AS berjabat tangan dengan Menlu RI, Retno Marsudi, dalam pertemuan mereka di Jakarta, Indonesia, 4 Agustus 2018 (foto: Dita Alangkara/Pool via Reuters)

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo hari Sabtu meninggalkan Singapura menuju Jakarta. Tetapi Korea Utara kembali mendapat sebagian besar perhatian.

Di Singapura masih terdapat pandangan yang simpang-siur tentang hubungan Amerika-Korea Utara sekitar pembicaraan tentang denuklirisasi. Dalam penerbangan ke Jakarta, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Heather Nauert mengatakan kepada wartawan, Pompeo dan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Hu saling mendekati ketika sesi ‘foto keluarga’ dan berjabat tangan.

Pompeo mengatakan “kita harus berbicara lagi dalam waktu dekat” yang dijawab oleh Ri Yong Hu “saya setuju. Banyak pembicaraan produktif yang harus dilakukan.”

Setelah itu Duta Besar Amerika untuk Filipina, Sung Kim, menyerahkan surat kepada Ri dari Presiden Trump untuk pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Isinya tidak diungkapkan.

Setelah Pompeo bertolak ke Jakarta, Menteri Luar Negeri Ri Yong Hu mengeluarkan pernyataan bahwa negaranya tetap berkomitmen mematuhi persetujuan antara Trump dan Kim dalam pertemuan mereka di Singapura. Tetapi ia menyebut sikap Amerika yang mendesak negara lain untuk mempertahankan sanksi terhadap Korea Utara sebagai “mengkhawatirkan

Recommended

XS
SM
MD
LG