Tautan-tautan Akses

Trump Terima Surat dari Kim Jong Un


Presiden AS Donald Trump berbicara di Gedung Putih, Rabu (1/8).
Presiden AS Donald Trump berbicara di Gedung Putih, Rabu (1/8).

Gedung Putih mengatakan, Presiden AS Donald Trump telah menerima sebuah surat dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang menindaklanjuti pertemuan kedua pemimpin itu Juni lalu di Singapura.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders mengatakan melalui sebuah pernyataan, “Sebuah surat untuk Presiden Trump dari Ketua Kim diterima 1 Agustus. Korespondensi antara kedua pemimpin itu ditujukan untuk menindaklanjuti pertemuan mereka di Singapura dan membuat kemajuan terkait komitmen-komitmen yang disebutkan dalam pernyataan bersama AS-Korea Utara.”

Pada KTT Itu, kedua pihak berjanji untuk bekerjasama mengupayakan denuklirisasi Semenanjung Korea. Namun sebuah dokumen yang ditandangani Kim dan Trump tidak mencakup rincian mengenai bagaimana dan kapan Korea Utara akan melakukan denuklirisasi itu.

Sebelumnya, pada Kamis (2/8), Trump berterima kasih kepada Kim “untuk surat Anda yang baik”, sambil menambahkan bahwa, “saya sangat mengharapkan bertemu dengan Anda segera.”

Dalam cuitannya di Twitter itu pula, pemimpin AS itu berterima kasih kepada Kim karena telah menyerahkan kumpulan tulang belulang tentara Amerika yang gugur dalam perang Korea.

Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah Wakil Presiden Mike Pence memimpin upacara di negara bagian Hawaii, yang menandai pemulangan 55 kotak tulang belulang tersebut ke Amerika.

Pence mengatakan Trump menerima komitmen Kim dalam pertemuan puncak mereka Juni lalu mengenai pemulangan tulang belulang tentara Amerika yang tewas dalam perang Korea tahun 1950-1953. Sekitar 7.700 tentara Amerika masih dinyatakan hilang dalam Perang Korea, dan 5.300 dari jumlah itu diperkirakan berada di Korea Utara. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG