Tautan-tautan Akses

Deplu AS: Presiden Trump Sudah Balas Surat Kim Jong-un


Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert di kantor Departemen Luar Negeri AS, Washington, DC, 29 Mei 2018. (Foto: dok).
Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert di kantor Departemen Luar Negeri AS, Washington, DC, 29 Mei 2018. (Foto: dok).

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan jawaban Presiden Donald Trump atas surat terakhir pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah diserahkan secara langsung kepada diplomat tinggi Korea Utara.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Heather Nauert mengatakan tanggapan tertulis Trump itu disampaikan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo kepada Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho dalam forum keamanan Asia di Singapura hari Sabtu (4/8). Pompeo dan Ri sama-sama menghadiri forum itu dan saling berjabat tangan pada awal pertemuan.

Nauert mengatakan jawaban Trump pada Kim itu disampaikan langsung oleh Duta Besar Amerika Untuk Filipina Sung Kim kepada Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho. Sung Kim telah memimpin perundingan logistik dengan Korea Utara tentang janji untuk melakukan denuklirisasi.

Nauert tidak menjelaskan isi surat Trump kepada Kim itu.

Awal pekan ini Gedung Putih mengatakan bahwa Kim telah mengirim surat baru kepada Trump dan bahwa presiden telah menulis tanggapan. [em]

XS
SM
MD
LG