Tautan-tautan Akses

Pompeo di Malaysia, Bahas Isu Perdagangan Bebas dan Korea Utara


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo disambut oleh beberapa pejabat setempat saat tiba di bandara Subang, di luar Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (2/8).
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo disambut oleh beberapa pejabat setempat saat tiba di bandara Subang, di luar Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (2/8).

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berada di Malaysia, perhentian pertama dalam lawatannya ke Asia yang diperkirakan akan terfokus pada usaha mempromosikan perdagangan bebas dan menekan Korea Utara agar menghentikan program senjata nuklirnya.

“Kita prihatin bahwa Korea Utara tidak memenuhi kewajibannya," kata seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS yang mendampingi Pompeo.

Sejak Presiden Donald Trump bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Juni lalu, sejumlah pejabat AS optimistis bahwa Pyongyang akan menghentikan program senjata nuklirnya, namun tidak ada bukti bahwa Korea Utara telah memulai proses itu.

Keprihatinan mengenai aktivitas nuklir dan misil di Korea Utara mencuat setelah suratkabar The Washington Post melaporkan, Selasa, bahwa para pejabat dinas intelijen meyakini bahwa Pyongyang terus membangun misil-misil baru di fasiliras riset yang sama yang dulu digunakannya untuk membangun misil antar benua yang dapat menjangkau wilayah Pantai Timur AS.

Korea Utara diperkirakan akan menjadi topik utama ketika Pompeo bertemu para sejawatnya dari ASEAN di Singapura, pekan ini. Pada KTT itu, menurut seorang pejabat departemen luar negeri AS, Pompeo akan menekan negara-negara untuk mendorong Pyongyang agar memenuhi sanksi-sanksi yang diberlakukan terhadap negara itu.

Pompeo diperkirakan juga akan membahas konflik-konflik di Laut China Selatan, krisis Rohingya di Myanmar, dan keamanan dunia maya. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG