Tautan-tautan Akses

AS Ragukan Ketulusan Taliban dalam Perundingan Damai di Afghanistan


Delegasi Taliban tiba untuk mengikuti penandatanganan perjanjian AS-Taliban di Doha, Ibu Kota Qatar, 29 Februari 2020.

Para pemimpin Taiban belum meyakinkan Amerika bahwa mereka siap menjadi “mitra yang setia” dan membantu menciptakan zaman perdamaian baru di Afghanistan.

Komandan Komando Sentral Amerika atau CENTCOM, Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan, Rabu (10/6), kecuali ada perubahan-perubahan yang berarti, pasukan Amerika kemungkinan akan terus berada di Afghanistan

“Pemerintah Afghanistan di Kabul, saya kira sudah siap menyusun strategi yang akan memungkinkan mereka maju ke meja perundingan,” kata McKenzie dalam forum yang diadakan oleh Lembaga Timur Tengah di Washington.

“Saya kira Taliban perlu menunjukkan bahwa mereka juga akan menjadi mitra yang setia,” tambah Mczkenzie.

Juga ada keprihatinan bahwa Taliban tidak bersedia memenuhi syarat-syarat penting dalam perjanjian yang ditandatangani dengan Amerika bulan Februari lalu, yang mengatakan akan adanya pengurangan pasukan Amerika di Afghanistan menjadi kurang dari 8.600 orang pada pertengahan Juli, dan membuka kemungkinan akan penarikan total pasukan itu pada Mei tahun depan.

Syarat penting yang harus dipenuhi Taliban adalah memnjamin bahwa kelompok-kelompok teroris seperti Al-Qaida tidak akan menggunakan Afghanistan sebagai pangkalan untuk melancarkan serangan atas kepentingan Amerika. [ii/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG