Tautan-tautan Akses

Bom Pinggir Jalan Tewaskan 9 di Afghanistan Selatan


Anggota pasukan keamanan Afghanistan memeriksa sebuah bus yang membawa pegawai stasiun TV lokal yang menabrak bom pinggir jalan di Kabul, Afghanistan, 30 Mei 2020. (Foto: dok).

Sebuah ledakan bom pinggir jalan, Rabu (3/6), menewaskan sembilan penumpang sebuah bis yang sedang melaju di Provinsi Kandahar, Afgnanistan Selatan, kata juru bicara gubernur provinsi tersebut.

Lima penumpang lain terluka akibat ledakan itu, kata juru bicara tersebut, Bashir Ahmadi. Semua penumpang yang tewas dan terluka adalah warga sipil yang sedang bepergian ke sebuah distrik lain.

Ia mengatakan, ini merupakan ledakan bom pinggir jalan ketiga sejak gencatan senjata singkat diberlakukan oleh Taliban untuk merayakan liburan Idul Fitri. Gencatan itu tidak secara resmi diperpanjang masa berlakunya namun kedua pihak yang bertikai tampaknya juga tidak ingin kembali melangsungkan pertempuran.

Pada Selasa malam (2/6), sebuah bom meledak di dalam sebuah masjid di ibu kota Afghanistan, Kabul, menewaskan dua orang, termasuk imam masjid itu dan melukai delapan orang lainnya.

Juga Selasa, kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan bom pinggir jalan akhir pekan lalu terhadap sebuah bus milik stasiun televisi setempat. Serangan tersebut menewaskan tujuh warga sipil, termasuk seorang perempuan dan beberapa anak. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG