Tautan-tautan Akses

AS

AS Nyatakan 'Ansarul Islam' sebagai Organisasi Teroris


Tentara Burkina Faso melakukan pengamanan di sebuah hotel pasca serangan militan Islamis di sana yang menewaskan 28 orang (foto: ilustrasi).

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan telah menetapkan kelompok Ansarul Islam sebagai kelompok teroris global karena riwayat organisasi itu yang melancarkan serangan di Burkina Faso di dekat perbatasan dengan Mali.

Serangan-serangan Ansarul Islam itu mencakup serangan pada Desember 2016 terhadap militer Burkina Faso yang menewaskan 12 tentara, satu serangan terhadap pasukan Burkina Faso yang paling banyak menelan korban jiwa.

Kelompok itu diduga bertanggungjawab atas serangan terhadap dua pos polisi pada Februari 2017 dan pembunuhan dua orang – salah satu diantaranya kepala sekolah – pada Maret 2017, di desa Kourfayel, Burkina Faso.

Penetapan Departemen Luar Negeri itu ditujukan untuk memblokir semua aset kelompok itu yang berada di bawah jurisdiksi Amerika dan melarang warga Amerika untuk terlibat dengan kelompok tersebut.

Departemen Luar Negeri mengatakan penetapan itu mengakibatkan organisasi itu tidak memiliki akses ke sumber daya kelompok di Amerika dan akan membantu aktivitas penegakan hukum oleh pemerintah Amerika. [em/jm]

XS
SM
MD
LG