Tautan-tautan Akses

Amerika Janjikan 60 Juta Dolar untuk Pasukan Kontra Teror Kawasan Sahel


ARSIP – Sebuah lambang AB Mali dikenakan oleh seorang prajurit yang terlibat dalam Operasi Narkhane di Tin Hama, Mali, 19 Oktober 2017 (foto: REUTERS/Benoit Tessier)

Amerika menjanjikan bantuan hingga 60 juta dolar untuk mendukung upaya anti teror negara-negara di wilayah Sahel Afrika.

Pendanaan tersebut, yang diumumkan Senin oleh Menlu Rex Tillerson, akan mendukung Kelompok Lima Gugus Tugas Gabungan Sahel, sebuah unit militer yang dibentuk oleh Burkina Faso, Chad, Mali, Mauritania dan Niger awal tahun ini.

"Mengalahkan terorisme bergantung dengan memastikan organisasi teroris tidak dapat memiliki tempat berlindung yang aman di benua manapun," kata Tillerson dalam sebuah pernyataan. "Dana ini akan memperkuat mitra regional kita pada perjuangan mereka untuk menjamin keamanan dan stabilitas dalam menghadapi ISIS dan kelompok afiliasinya serta jaringan teroris lainnya."

Pada pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang Gugus Tugas Gabungan Sahel hari Senin, Duta Besar Amerika Nikki Haley menjelaskan pendanaan tersebut akan diberikan secara bilateral, memerlukan persetujuan kongres, dan tidak melalui PBB, yang berusaha membentuk pendanaan dan bantuan berkelanjutan untuk pasukan itu. [my]

XS
SM
MD
LG