Tautan-tautan Akses

AS

AS Kerahkan Ribuan Personil Garda Nasional untuk Operasi Penyelamatan Badai Harvey


Petugas SWAT dari kepolisian Houston Daryl Hudeck menggendong Catherine Pam dan anaknya yang berumur 13 bulan, Aiden setelah menyelamatkan mereka dari rumah mereka yang dikepung banjir dari Badai Tropis Harvey, 27 Agustus 2017 di Houston.

Wakil Laksamana Penjaga Pantai Amerika Karl Schultz mengatakan air, bukan angin, adalah bahaya terbesar dalam badai tropis. Beberapa pejabat mengatakan telah mengirim 3.000 personil Garda Nasional untuk membantu operasi peyelamatan; dan memerintahkan pengiriman 600 perahu dan beberapa pesawat untuk membantu operasi tersebut.

Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan sangat berterima kasih pada warga Amerika yang telah membantu dengan memberi dukungan sumber daya, khususnya apa yang disebutnya sebagai “mitra federal yang sangat efektif” yang telah memenuhi permintaan bantuan apapun yang diajukan. Sembilan belas distrik di Texas telah dinyatakan sebagai daerah bencana federal, dan Abbott mengatakan jumlah itu tampaknya akan bertambah.

Gedung Putih mengatakan Presiden Trump memimpin rapat kabinet tentang bencana badai itu, dan ia berharap semua badan federal berkomitmen penuh membantu pejabat-pejabat negara bagian Texas dan negara tetangganya – Louisiana.

Kepala Badan Manajemen Darurat Federal Brock Long dalam wawancara dengan CNN mengatakan sejumlah anggota timnya telah terlibat dalam operasi di daerah-daerah yang hancur akibat badai “selama bertahun-tahun.”

Dalam skala lima poin, badai yang menghantam Pantai Teluk Texas adalah badai kategori empat. Setelah melewati daratan, kekuatan badai itu melemah, tetapi hujan yang menyertainya terus berlanjut. Selama beberapa hari ke depan, curah hujan hingga lebih dari 125 sentimeter diperkirakan akan terus melanda. Tornado juga berpotensi terjadi di daerah-daerah tersebut.

Beberapa kilang minyak di Houston dihentikan operasinya hari Minggu ketika badai berlanjut. Penghentian itu diperkirakan akan menimbulkan dampak hingga 12 persen dari total kapasitas pembuatan bahan bakar di Amerika, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan kekurangan bahan bakar dalam beberapa hari mendatang.

Harvey adalah badai terkuat yang melanda daratan Amerika dalam lebih dari sepuluh tahun. [em]

XS
SM
MD
LG