Tautan-tautan Akses

AS Keluarkan Peringatan Bahaya Bepergian ke Sudan Selatan


Karpet merah dibentangkan di ibukota Juba dalam perayaan kemerdekaan Sudan selatan 9 Juli lalu.
Karpet merah dibentangkan di ibukota Juba dalam perayaan kemerdekaan Sudan selatan 9 Juli lalu.

Menurut kedutaan AS, pemerintah baru di Sudan Selatan mempunyai kemampuan terbatas untuk mencegah kejahatan di luar ibukota Juba.

Amerika Serikat memperingatkan warganya akan bahaya bepergian ke Sudan Selatan, walaupun negara itu sedang merayakan kemerdekaan baru.

Kedutaan Amerika di Sudan Selatan mendesak warga Amerika hari Selasa agar jangan pergi ke daerah-daerah perbatasan antara Sudan dan Sudan Selatan, dengan alasan pertempuran belakangan ini antara pasukan yang setia kepada angkatan darat kedua negara serta peningkatan pasukan di kedua sisi perbatasan.

Kedutaan AS di ibukota Juba mengatakan disamping pertempuran di darat, angkatan udara Sudan telah membom daerah-daerah perbatasan di negara bagian Unity dan Kordofan Selatan.

Kedutaan juga mengingatkan bahaya kekerasan di semua daerah Sudan Selatan, dengan mengatakan ada paling sedikit 7 macam pasukan milisi pemberontak yang sering bertempur dengan pasukan Sudan Selatan.

Menurut kedutaan Amerika itu, Sudan Selatan mempunyai kemampuan terbatas untuk mencegah kejahatan di luar ibukota Juba dan di sana-pun risiko kejahatan dengan kekerasan adalah tinggi.

XS
SM
MD
LG