Tautan-tautan Akses

Pasukan PBB Dikerahkan ke Abyei, Sudan


Pasukan perdamaian PBB melakukan patroli di kawasan Abyei yang disengketakan di Sudan selatan.
Pasukan perdamaian PBB melakukan patroli di kawasan Abyei yang disengketakan di Sudan selatan.

Sudan selatan merdeka tanggal 9 Juli tetapi kedua pihak belum menentukan siapa yang akan menguasai kawasan kaya minyak Abyei.

Pejabat tertinggi penjaga perdamaian PBB mengatakan 500 pasukan telah dikerahkan ke daerah Abyei yang disengketakan di Sudan.

Alain Le Roy mengatakan kepada Dewan Keamanan hari Rabu bahwa ia memperkirakan akan mempunyai sampai 1.200 penjaga perdamaian di daerah itu sebelum hari Minggu.

Le Roy mengatakan keadaan di daerah kaya minyak Abyei tetap tegang. Tetapi, ia mengatakan Sudan dan Sudan Selatan keduanya tampaknya bertekad untuk menghindarkan peningkatan kekerasan.

PBB telah menyetujui penempatan sampai 4.200 penjaga perdamaian di daerah itu. Dewan Keamanan PBB menciptakan Pasukan Keamanan Sementara untuk Abyei bulan Juni.

Bulan Mei, tentara Sudan menduduki Abyei ketika daerah itu disengketakan antara pemerintah pusat Sudan dan apa yang pada waktu itu disebut daerah selatan yang semi-otonom di Sudan.

Sudan selatan memproklamasikan kemerdekaan tanggal 9 Juli tetapi kedua pihak belum menentukan siapa yang kelak akan menguasai Abyei.

XS
SM
MD
LG