Tautan-tautan Akses

AS

AS Bebaskan Chelsea Manning


Chelsea Manning, tentara AS yang membocorkan lebih dari 700 ribu dokumen rahasia militer dan diplomatik ke WikiLeaks (foto: dok).

Chelsea Manning, tentara Angkatan Darat Amerika yang membocorkan lebih dari 700 ribu dokumen rahasia militer dan diplomatik ke WikiLeaks tahun 2010, hari Rabu dibebaskan dari penjara setelah menjalani tujuh dari 35 tahun hukuman penjara.

Pernyataan Angkatan Darat menyebutkan Manning dibebaskan pukul 2 pagi waktu setempat dari Disciplinary Barracks di Fort Leavenworth, Kansas. "Apapun yang ada di depan, jauh lebih penting daripada masa lalu," ujar Manning, usia 29 tahun, dalam pernyataan yang dikeluarkan tim hukumnya.

Upaya penggalangan dana online untuk membantu biaya hidup Manning setelah bebas mengumpulkan sumbangan hampir 150 ribu dolar sampai hari Rabu. Pengacara Manning mengatakan ia berencana pergi ke Maryland.

Bocoran itu, termasuk laporan dari medan perang di Irak dan Afghanistan, serta kawat Departemen Luar Negeri, membuat WikiLeaks menjadi terkenal di dunia internasional. Menurut kritikus, bocoran itu menerbitkan sebagian rahasia negara yang paling sensitif dan membuat orang-orang yang disebut dalam dokumen itu, misalnya mereka yang membantu pasukan Amerika di luar negeri, dalam bahaya.

Mantan Presiden Amerika Barack Obama mengurangi hukuman Manning Januari lalu, menetapkan hari Rabu sebagai tanggal pembebasannya. [ka/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG