Tautan-tautan Akses

AS

Obama Batalkan Hukuman Penjara Pembocor Dokumen Militer


Chelsea Manning yang lahir sebagai Bradley Edward Manning.

Mantan analis intelijen Angkatan Darat Amerika, Chelsea Manning dan pensiunan Korps Marinir AS termasuk di antara 273 orang yang mendapat pengampunan atau hukuman penjara mereka diringankan hari Selasa (17/1) oleh Presiden Barack Obama.

Presiden AS Barack Obama telah membatalkan hukuman penjara untuk bekas analis intelijen Angkatan Darat Amerika Serikat, Chelsea Manning, yang membocorkan ratusan ribu dokumen militer kepada WikiLeaks.

Manning semula dijatuhi hukuman 35 tahun penjara pada tahun 2013 setelah pengadilan militer mendapatinya bersalah menyerahkan lebih dari 700.000 dokumen rahasia militer Amerika kepada WikiLeaks pada tahun 2010. Dokumen itu termasuk laporan medan perang dari Afghanistan dan Irak, dan kawat yang dikirim Departemen Luar Negeri Amerika.

Manning adalah satu dari 209 pembatalan hukuman penjara dan 64 pengampunan yang diberikan Obama Selasa (17/1) menjelang berakhirnya masa kepresidenannya.

Chelsea Manning dulu bernama Bradley Manning ketika dia menyerahkan lebih dari 700 ribu dokumen militer rahasia kepada WikiLeaks, termasuk laporan medan tempur dari Afghanistan dan Irak, serta kawat-kawat Departemen Luar Negeri.

Manning menyatakan dirinya seorang perempuan setelah dijatuhi hukuman, mengubah namanya dari Bradley menjadi Chelsea, dan katanya, dia merencanakan untuk menjalani operasi pengubahan kelamin.

Pengacara Manning mengatakan, dia sudah berusaha bunuh diri dua kali, dan penghapusan hukumannya akan menyelamatkan nyawanya.

Seorang lagi yang diampuni Obama adalah Jenderal purnawirawan Marinir dan mantan Wakil Kepala Staf Gabungan James Cartwright.

Dia mengaku bersalah pada Oktober dengan tuduhan berbohong kepada penyelidik federal tentang pembocoran informasi rahasia tentang serangan dunia maya Amerika terhadap fasilitas nuklir Iran. [jm]

XS
SM
MD
LG