Tautan-tautan Akses

Laporan: AS Persiapkan Tuduhan Terhadap Pendiri Wikileaks Julian Assange


Pendiri situs Wikileaks Julian Assange (Foto: dok).
Pendiri situs Wikileaks Julian Assange (Foto: dok).

Sumber-sumber Amerika mengatakan kepada jaringan televisi CNN bahwa mereka telah mempersiapkan tuduhan-tuduhan terhadap Julian Assange, warga Australia pembocor rahasia dan pendiri Wikileaks.

Departemen Kehakiman Amerika telah menyelidiki Assange sejak sekurangnya tahun 2010, ketika Wikileaks menerbitkan ribuan dokumen keamanan rahasia Amerika yang dicuri.

Minggu lalu dalam pidato di Washington, Direktur CIA Mike Pompeo mengatakan Wikileaks mengarahkan analis intelijen militer Amerika pada tahun 2010 untuk mencegat “informasi rahasia tertentu” yang “ luar biasa fokus pada Amerika”.

The Washington Post melaporkan bahwa para Jaksa di Departemen Kehakiman telah menyusun memo yang mempertimbangkan tuduhan-tuduhan terhadap orang-orang yang terkait dengan Wikileaks. Tapi Post melaporkan bahwa setiap tuduhan terhadap orang-orang itu memerlukan persetujuan dari tingkat tertinggi Departemen Kehakiman.

Agen-agen intelijen Amerika mengatakan Rusia menggunakan Wikileaks untuk menerbitkan email-email mantan calon presiden Hillary Clinton menjelang pemilu presiden tahun lalu.

Para peretas yang bekerja untuk Rusia diyakini meretas akun-akun pejabat kampanye Clinton dan Komite Nasional Partai Demokrat dan menerbitkan email-email mereka pada WikiLeaks untuk mempengaruhi hasil pemilu.

“Sudah saatnya menyebut WikiLeaks sesuai mereka sebenarnya,” kata Pompeo. “Badan intelijen non negara yang bermusuhan yang didukung oleh negara-negara aktor seperti Rusia”. [my/al]

XS
SM
MD
LG