Tautan-tautan Akses

AS

AS akan Tetap Kerjasama dengan Rusia untuk Kalahkan ISIS di Suriah


Utusan khusus Presiden Amerika pada Koalisi Global Mengalahkan ISIS, Brett McGurk (foto: dok).

Utusan khusus Presiden Amerika pada Koalisi Global Mengalahkan ISIS, Brett McGurk mengatakan hari Kamis (21/12) bahwa Amerika ingin menyelesaikan perang di Suriah lewat proses konstitusional yang nantinya akan disusul oleh pemilihan umum yang diawasi oleh PBB.

“Kami juga akan terus berada di berbagai kawasan Suriah untuk memastikan ISIS tidak bisa kembali, dan supaya kami bisa membantu usaha stabilisasi yang akan memungkinkan rakyat pulang ke kampung halaman masing-masing,” tandas McGurk.

ISIS telah kehilangan 98 persen kawasan yang dikuasainya di Suriah, dan karenanya Amerika sedang berusaha mengurangi pertempuran, tapi akan “tetap bersikap pragmatis dan tegas dalam berurusan dengan Rusia,” tambah McGurk.

Pejabat Amerika itu mengutip laporan PBB yang mengatakan 1000 pengungsi Suriah telah mulai kembali dari pengungsian tiap bulan. Walaupun begitu, kata McGurk lagi, “belum saatnya kita berpesta.”

Ia juga menegaskan bahwa ISIS belum sepenuhnya dihancurkan di Suriah dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG