Tautan-tautan Akses

Irak merayakan kemenangannya atas ISIS dengan parade militer hari Minggu di ibukota, sehari setelah Perdana Menteri Haider al-Abadi mengumumkan pengusiran yang berhasil kelompok jihadis itu dari negara tersebut.

Parade itu tidak disiarkan langsung dan media pemerintah adalah satu-satunya yang dizinkan meliputnya.

Para saksi mengatakan satuan-satuan tentara Irak dalam parade itu berpawai melintasi lapangan utama di tengah kota Baghdad sementara helikopter-helikopter dan pesawat tempur terbang di atasnya.

Melalui Twitter, Perdana Menteri Abadi mengucapkan terima kasih kepada pasukan Irak “atas pelaksanaan tugas mereka” dan mengenang mereka yang memberi pengorbanan tertinggi yakni jiwa-raga mereka.”

Abadi telah menyatakan hari Minggu sebagai hari libur umum.

Hari Sabtu, ia mengumumkan perang tiga-tahun yang bertujuan memukul mundur ISIS dari Irak telah berhasil dan telah berakhir.

“Pasukan kita menguasai sama sekali perbatasan Irak-Suriah dan oleh karena itu saya mengumumkan akhir perang melawan ISIS,” kata Abadi dalam sebuah konferensi di Baghdad yang diselenggarakan oleh perserikatan wartawan Irak.
Pengumuman itu dikeluarkan dua hari setelah Rusia mengatakan pihaknya telah mengalahkan ISIS di Suriah, dimana Moskow membantu militer Suriah. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG