Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Umumkan 1 Ramadan Dimulai Jumat


Suasana di Ka'bah, Masjidil Haram di kota Mekkah pada 3 April 2020 lalu (foto: dok).

Arab Saudi, tempat yang dianggap Islam paling suci mengumumkan bulan suci Ramadan dimulai Jumat (23/4), ketika umat Islam di seluruh dunia menghadapi pembatasan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melawan virus corona, demikian dilaporkan kantor berita AFP.

"Berdasarkan penampakan bulan bulan baru ... telah diputuskan bahwa Jumat adalah awal bulan Ramadan," kata pejabat kerajaan Kamis dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh kantor berita SPA.

Raja Salman mengatakan ia sedih umat Islam tidak bisa sholat di masjid karena pembatasan virus corona.

"Saya sedih bulan suci tiba di tengah-tengah keadaan yang membuat kita tidak bisa melakukan doa berjemaah dan Taraweh - doa khusus di waktu malam hari selama Ramadan di masjid-masjid karena tindakan pencegahan untuk melindungi kehidupan dan kesehatan masyarakat dalam memerangi pandemi virus corona," kata Raja Salman dalam pernyataan yang dikutip SPA.

Ramadan juga merupakan bulan doa di mana umat Islam biasanya berkumpul dalam jumlah besar di masjid-masjid terutama di malam hari.

Tetapi karena virus corona, hampir semua negara mayoritas Muslim telah menutup masjid dan meminta warga untuk shalat di rumah selain memberlakukan jam malam untuk membatasi penyebaran virus yang mematikan itu.

Beberapa negara Arab telah melonggarkan pembatasan selama bulan puasa ini, dimana Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan negara-negara lain mengurangi durasi penutupan wilayah. [my/ii]

XS
SM
MD
LG