Tautan-tautan Akses

Utusan PBB Desak Perang Yaman Dihentikan karena Wabah Corona


Utusan PBB untuk Yaman, Martin Griffiths

PBB hari Kamis (16/4) memperingatkan bahwa ancaman virus corona saat Yaman tengah dilanda perang, membutuhkan perhatian dan sumber daya, sehingga gencatan senjata di seluruh negara dinilai sangat mendesak.

Utusan PBB untuk Yaman Martin Griffiths mengatakan, Yaman tidak bisa menghadapi dua musuh sekaligus: yakni peperangan dan pandemi virus. Griffiths menyebut baik pemerintah Yaman maupun pemberontak Houhti mengerti keadaan ini, begitu pula negara-negara yang mendukung pihak-pihak yang bertikai itu.

Griffiths mengharapkan adanya kesepakatan gencatan senjata antara kedua pihak serta bantuan kemanusiaan dan ekonomi “dalam waktu dekat.”

Yaman mencatat adanya kasus virus corona pertama pada 10 April lalu. Setengah dari seluruh fasilitas kesehatan negara itu tidak berfungsi, sehingga tidak bisa dipastikan kapan tes untuk mendeteksi virus itu akan dilakukan.

Lebih dari 5 tahun konflik berlangsung membuat Yaman terpuruk dalam kemiskinan, merusak infrastruktur, serta mengakibatkan kelaparan dan kesengsaraan secara luas. [ti/jm]

XS
SM
MD
LG