Tautan-tautan Akses

Anies-Sandi Akan Langsung Kerja

  • Fathiyah Wardah

Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno sebelum acara pelantikan/sumpah jabatan di Istana Presiden di Jakarta, Senin 16/10 (Foto: Reuters).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan ia dan wakilnya Sandiaga Uno akan langsung bekerja untuk melaksanakan program-program yang telah dijanjikannya.

Warga Jakarta kini telah memiliki gubernur baru. Setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta Senin sore (16/10) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Sandiaga Uno kemudian menunju ke Balai Kota Jakarta untuk mengikuti acara serah terima jabatan (sertijab) dan bertemu masyarakat.

Sertijab ini sedianya dilakukan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Djarot Saiful Hidayat, kepada Anies-Sandi.Namun, sertijab itu akhirnya dilakukan oleh Pelaksana Harian Gubernur (Plh) DKI Jakarta Saefullah kepada Anies-Sandi. Djarot tidak bisa hadir karena telah bertolak ke Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur, untuk liburan bersama keluarganya.

Usai acara serah terima jabatan, Anies Baswedan menyampaikan pidato singkat di depan sejumlah anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD), duta besar, pemimpin sejumlah lembaga negara dan juga sejumlah politisi.

Anies menyampaikan bahwa amanat yang diberikan warga Jakarta kepada dirinya dan Sandiaga Uno akan dijalankan sebaik mungkin. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur sebelumnya yang telah menjalankan tugas dalam lima tahun terkahir ini yaitu Djarot Saiful Hidayat, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Joko Widodo.

"Birokrasi tidak tergantung siapa yang menjadi pemimpin, birokrasi mengabdi terus menerus, karena itu, kami akan meneruskan pengabdian bersama birokrasi di Jakarta ini. Dan kami berdua sudah tidak sabar lagi langsung ingin bekerja, kita sudah bersiap-siap selama enam bulan dan Insyaallah kita langsung kerja. Dari gelora ini, saya sampaikan Insyaallah Jakarta akan lebih baik," tandas Anies.

Serah terima jabatan (sertijab) yang dilakukan oleh Pelaksana Harian Gubernur (Plh) DKI Jakarta Saefullah kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Balai Kota Jakarta Senin (16/10). (Fathiyah/VOA)
Serah terima jabatan (sertijab) yang dilakukan oleh Pelaksana Harian Gubernur (Plh) DKI Jakarta Saefullah kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Balai Kota Jakarta Senin (16/10). (Fathiyah/VOA)

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyayangkan tidak hadirnya mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pada acara sertijab Anies-Sandi.

Fahri mengatakan pekerjaan rumah pertama Anies-Sandi adalah mendamaikan dan mengharmonikan keretakan yang terjadi pasca pertarungan sengit Pilkada Jakarta. Ditambahkannya, Anies-Sandi dapat meneruskan program pendahulunya yang terbukti bermanfaat bagi warga DKI Jakarta.

Gubernur dan wakil gubernur Jakarta yang baru menurutnya harus memiliki data yang akurat terkait persoalan yang harus diselesaikan.

"Dalam lima tahun kedepan itu harus terjadwal terakurat teruskan yang baik dari masa lalu dan rencanakan hal-hal yang belum dilakukan pada masa lalu. Agar seluruh problem laten dari Jakarta betul-betul selesai," kata Fahri.

Ratusan warga Jakarta menyambut kedatangan gubernur dan wakil gubernur baru dengan antusias.Warga yang datang dari berbagai wilayah Jakarta ini ingin mengikuti acara “Pesta Rakyat” selamatan dan syukuran pelantikan itu.

Di balai kota, warga Jakarta yang datang dapat menikmati berbagai makanan yang disediakan oleh pemerintah daerah DKI Jakarta seperti bakso, dim sum, nasi kuning, nasi kapau, mie ayam, nasi uduk sambil dihibur pertunjukan musik.

Salah satu warga Tanah Merah, Jakarta yang ikut hadir di Balai Kota Jakarta, Sukina berharap dengan terpilihnya Anies-Sandi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, daerahnya tidak terkena gusur. Dia bersama warga lainnya berharap Anies-Sandi menepati janjinya.

"Mudah-mudahan pak Anies dengan janjinya yang di tanah merah, mudah-mudahan di tepati. Kita kan di tanah merah, tanahnya masih status tanah garapan. Mudah-mudahan kita dikasih tempat yang layak. Jangan sampai tergusur kita, (itu yang) kita minta," harap Sukina. [fw/em]

XS
SM
MD
LG