Tautan-tautan Akses

Aktivis Polandia Tuntut Hukuman bagi Pastur Pelaku Pelecehan Seksual


Para aktivis melakukan unjuk rasa memrotes pelecehan seksual oleh para Imam gereja Katolik (foto: ilustrasi).

Sejumlah aktivis Polandia hari Senin (8/10) melangsungkan pertemuan di Warsawa untuk menuntut dijatuhkannya hukuman terhadap para pastur Katolik yang terbukti bersalah melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak, dan agar aturan yang membatasi penuntutan dalam kasus-kasus semacam itu diperpanjang.

Pertemuan itu dihadiri sejumlah pengacara, psikolog dan anggota “Have No Fear” – suatu yayasan di Polandia yang memperjuangkan nasib orang-orang yang mengaku telah dilecehkan oleh para pastur. Presiden organisasi itu Marek Linksi menuntut dibentuknya suatu komisi independen untuk menyelidiki pelanggaran yang dilakukan para pastur.

Organisasi itu pada hari Minggu (7/10) mempublikasikan sebuah peta yang mengidentifikasi lokasi pelecehan anak-anak oleh para pastur di seluruh Polandia. Peta ini menunjukkan tuduhan dan kasus yang sudah dikukuhkan atas 225 anak di bawah usia 15 tahun.

Linksi mengatakan jumlah itu tampaknya hanya “puncak sebuah gunung es.”

Para pemimpin Gereja Katholik di Polandia mengatakan mereka akan mempublikasikan sebuah laporan tentang skala masalah itu selambat-lambatnya pada akhir November ini. (em)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG