Tautan-tautan Akses

Paus Terima Pengunduran Diri Uskup AS yang Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual


Uskup West Virginia, Michael Bransfield (foto: dok).
Uskup West Virginia, Michael Bransfield (foto: dok).

Paus Fransiskus pada hari Kamis (13/9) menerima pengunduran diri seorang uskup AS yang dituduh melakukan pelecehan seksual orang dewasa, tepat sebelum membahas berbagai tuduhan pelecehan seksual di gereja Amerika dengan para pemimpin Katolik AS.

Pengunduran diri Uskup West Virginia, Michael Bransfield berlangsung tepat ketika para pemimpin teratas di gereja AS duduk bersama Paus Francis untuk mempertimbangkan skandal yang melebar yang telah mengguncang gereja Katholik di beberapa negara. Bransfield sekarang akan menghadapi investigasi Vatikan.

Baca juga: Paus Dituduh Tutupi Kasus Pelecehan Seksual, Vatikan Siapkan Tanggapan

Sementara itu, pihak berwenang Chile hari Kamis merazia empat keuskupan sebagai bagian dari penyelidikan mereka terhadap pelecehan seksual oleh rohaniawan terhadap anak-anak di bawah umur dan dugaan ditutup-tutupinya kasus ini oleh para uskup.

Pengunduran diri Bransfield berlangsung beberapa minggu setelah Paus Fransiskus menyingkirkan Uskup Agung Theodore McCarrick dari Washington setelah berbagai tuduhan bermunculan bahwa ia telah melecehkan seorang anak lelaki remaja pada tahun 1970-an beserta murid seminari dan pastor muda lainnya.

Para pengkritik Vatikan mengatakan Fransiskus telah bertahun-tahun memperoleh informasi yang kredibel tentang McCarrick tetapi tidak mengkonfrontasi McCarrick tentang tuduhan itu. [rw/is]

XS
SM
MD
LG