Tautan-tautan Akses

Adik Mantan Presiden Calonkan Diri sebagai Presiden Sri Lanka


Gotabhaya Rajapaksa (tengah), bersama saudaranya mantan Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa (kanan), dalam sebuah acara partainya di Kolombo (foto: dok).

Mantan menteri pertahanan Gotabhaya Rajapaksa secara resmi mencalonkan diri sebagai presiden Sri Lanka hari Minggu (11/8), bertekad memerangi "terorisme ekstremis" setelah serangan bunuh diri pada Minggu Paskah.

Kakaknya, Mahinda, usia 70 tahun, menilai Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe tidak becus dalam menangani pemboman itu, yang dituding dilakukan kelompok Muslim lokal di negara itu yang mayoritas penduduknya Budha.

Serangan bom itu menarget tiga gereja dan tiga hotel, merenggut nyawa sedikitnya 258 orang dan menyebabkan hampir 500 orang terluka. Sejak itu, negara tersebut dalam keadaan darurat.

Gotabhaya Rajapaksa akan mewakili partai Sri Lanka Podujana Peramuna (SLPP), yang baru-baru ini dibentuk kakak lelakinya, yang memerintah selama 10 tahun dari tahun 2005.

SLPP adalah faksi yang memisahkan diri dari Partai Kebebasan Sri Lanka (SLFP), yang dipimpin Maithripala Sirisena, presiden saat ini.(ka/jm)

Recommended

XS
SM
MD
LG