Tautan-tautan Akses

Abrams akan Sutradarai 'Star Wars: Episode IX'


Sutradara JJ Abrams saat tiba di Pemutaran Perdana Eropa, Star Wars: The Force Awakens di Leicester Square, London, 16 Desember 2015. (Foto:dok)

Sutradara J.J. Abrams kembali lagi ke Star Wars, menggantikan Colin Trevorrow sebagai penulis dan sutradara dari Episode IX. Pergantian ini menunda perilisan film ini selama tujuh bulan

Disney mengumumkan kembalinya Abram pada Selasa (12/09), satu minggu setelah berita kepergiannya Trevorrow, bocor ke media. Setelah keluarnya sutradara-sutradara papan atas yang menyutradarai film-film Star Wars sebelumnya, Lucasfilm beralih ke pembuat film yang pertama kali membantu menghidupkan kembali waralaba tersebut. Abrams akan turut menulis skenario dengan penulis skenario Chris Terrio, yang memenangkan Oscar untuk adaptasi naskah Argo dan turut menulis skenario Batman versus Superman: Dawn of Justice.

Sebagai sutradara The Force Awakens, Abrams memoles kembali Star Wars hingga mendapatkan ulasan bagus dari penggemar dan meraup lebih dari 2 miliar dolar di box office. Abrams mengatakan saat itu bahwa ini adalah satu-satunya film untuk waralaba ini, tapi sekarang dia ditarik kembali.

Presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy mengatakan bahwa Abrams "bisa menyampaikan segala sesuatu yang kita harapkan" pada The Force Awakens dan menambahkan, "Saya sangat senang karena dia akan kembali untuk menutup trilogi ini.

Langkah ini juga berarti Abrams akan menjadi satu-satunya sutradara dari pembuat Star Wars George Lucas yang menyutradarai lebih dari satu film Star Wars.

Star Wars: Episode IX awalnya dijadwalkan untuk tayang di bioskop pada Mei 2019, namun setelah perubahan tersebut, secara resmi jadual tayang ditunda hingga 20 Desember 2019. Ini adalah penutupan terakhir dalam trilogi baru Star Wars yang "utama", dimulai The Force Awakens yang di sutradarai Abrams pada tahun 2015 dan akan berlanjut pada bulan Desember ini dengan The Last Jedi yang disutradarai oleh Rian Johnson.[aa/fw]

XS
SM
MD
LG