Tautan-tautan Akses

Deplu AS: Korea Utara Harus Bayar Mahal


Amerika mengatakan pihaknya sedang bekerja sama dengan masyarakat internasional untuk memastikan Korea Utara membayar mahal kalau negara komunis itu tidak mengubah haluan.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Selasa bahwa Menteri Luar Negeri Hillary Clinton telah menghubungi counterpartnya dari Rusia dan Tiongkok guna membahas sebuah tanggapan bersama terhadap uji nuklir bawah tanah Korea Utara yang kedua, yang menurut Pyongyang merupakan sebuah sukses.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Ian Kelly mengatakan Dewan Keamanan PBB harus mengeluarkan sebuah resolusi keras, yang menurutnya "punya konsekuensi" terhadap Korea Utara.

Kelly mengatakan Dewan Keamanan sepakat bahwa perlu diterbitkan sebuah resolusi baru. Ia tidak memberikan perincian dari pembicaraan yang sedang berlangsung di PBB.

Associated Press melaporkan bahwa Dutabesar Jepang dan Korea Selatan untuk PBB akan bertemu Selasa sore dengan kelima anggota tetap Dewan Keamanan guna membicarakan Korea Utara.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pada hari Selasa, bahwa pintu tetap terbuka untuk Korea Utara kembali ke perundingan pelucutan senjata nuklir, tetapi ia juga mengatakan kesabaran Amerika bukan tak ada batasnya.



XS
SM
MD
LG