Tautan-tautan Akses

DK PBB Dengan Suara Bulat Kutuk Percobaan Nuklir Korut


Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengutuk percobaan nuklir Korea Utara dan mengatakan Dewan itu sedang menyiapkan tanggapan yang kuat terhadap Pyongyang.

Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, dan 12 negara anggota Dewan Keamanan mengadakan sidang darurat Senin malam, beberapa jam setelah dunia mengetahui percobaan nuklir yang mendadak itu. Ledakan itu adalah yang terbesar pernah dilakukan Korea Utara, dan segera disusul oleh percobaan peluncuran 3 misil.

Dutabesar Rusia Vitaly Churkin, yang saat ini ketua Dewan Keamanan, mengatakan semua negara dengan kuat menentang tindakan Korea Utara itu dan sepakat untuk menuntut pematuhan sepenuhnya oleh Korea Utara resolusi PBB.

Dengan mengulangi komentar Presiden Barack Obama di Washington, dutabesar Amerika Susan Rice mengatakan Dewan Keamanan harus membuat rancangan resolusi baru yang kuat yang memerintahkan Korea Utara menghentikan kegiatan nuklirnya. Perancis mengatakan pihaknya akan menyerukan sanksi baru terhadap Korea Utara.

Obama membicarakan keadaan itu melalui telepon hari Selasa dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak dan Perdana Menteri Jepang Taro Aso. Menurut Gedung Putih, para pemimpin setuju bekerjasama dengan erat dan mendukung tindakan PBB untuk mengekang kegiatan nuklir dan misil Korea Utara.


XS
SM
MD
LG