Tautan-tautan Akses

Obama Ajak Dunia Bersikap Teguh Terhadap Korea Utara


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan dunia mesti bersikap teguh terhadap Korea Utara. Ajakan ini diucapkannya pada kala masyarakat internasional menanggapi dengan marah percobaan nuklir Korea Utara hari Senin.

Presiden Obama mengatakan di Gedung Putih, program nuklir Korea Utara menimbulkan ancaman gawat pada perdamaian dan keamanan dunia. Ia menyebut percobaan nuklir terbaru tadi pelanggaran semena-mena terhadap hukum internasional. Percobaan itu, kata Obama, membuat tekanan internasional terhadap Korea Utara semakin kuat.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Amerika, Laksamana Michael Mullen mengatakan percobaan Korea Utara itu tidak mengejutkan dan merupakan bagian dari apa yang disebutnya sikap Korea Utara yang bertambah galak.

Ke-15 anggota Dewan Keamanan PBB akan melakukan sidang istimewa hari Senin membahas jawaban yang harus diberikan pada tindakan Korea Utara itu.

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon mengatakan ia amat resah dan tiap percobaan nuklir adalah pelanggaran jelas terhadap resolusi Dewan Keamanan melarang Korea Utara melakukan percobaan demikian. Ia mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa ia berharap Dewan Keamanan akan mengambil tindakan semestinya.


XS
SM
MD
LG