Tautan-tautan Akses

Militan Serang Pos Militer di Pakistan, Tawan 24 Tentara


Militan pro-Taliban telah menawan 24 tentara dari salah satu pos militer di Pakistan barat-laut. Polisi mengatakan lebih dari 150 militan menyerang pos militer itu Senin malam dekat kota Bannu, di daerah Waziristan Utara yang bergolak itu. Pejabat-pejabat mengatakan para militan menawan ke 24 tentara setelah tembakan senjata berat.

Bulan lalu, para pejabat mengatakan militan pro Taliban membebaskan setidaknya 25 dari sekitar 250 tentara Pakistan yang ditawannya dekat perbatasan Afghanistan sejak akhir Agustus.

Pakistan kini berjuang untuk mengekang peningkatan kekerasan baru-baru ini didaerah Pakistan barat-laut setelah ambruknya perjanjian damai bulan Juli antara pemerintah dan suku-suku yang pro-Taliban.

Sementara itu, Pemerintah Pakistan memutuskan untuk mencabut tuduhan korupsi terhadap mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto yang hidup di pengasingan.Menteri Urusan Kereta Api Sheikh Rashid Ahmad mengatakan pekjabat-pejabat tinggi Pakistan “pada prinsipnya” setuju membatalkan kasus lama itu terhadap Benazir Bhutto.

Bhutto belakangan ini berupaya merancang kesepakatan berbagi-wewenang dengan Presiden Pervez Musharraf, dan langkah terbaru ini memenuhi salah satu tuntutan utamanya. Benazir Bhutto, yang dua kali memegang jabatan sebagai perdana menteri, meninggalkan Pakistan setelah dia dituduh korupsi. Ia telah mengatakan ia akan kembali ke Pakistan tanggal 18 Oktober, delapan tahun setelah ia atas kemauan sendiri hidup di pengasingan untuk menghindari pengusutan secara hukum.

Tetapi jurubicara Partai Rakyat Pakistan , partainya Bhutto, Farhatullah Babar memberitahu VOA belum ada disebut-sebut mengenai tuntutan terpenting yang dikemukakan Bhutto yaitu- agar Presiden Musharraf mundur dari peran gandanya sebagai panglima militer sebelum ia mencalonlan diri dalam pemilihan presiden tanggal 6 Oktober.

Babar mengatakan partainya masih mempertimbangkan opsi memboikot pemilu tanggal 6 Oktober, yang diselenggarakan oleh majelis parlemen dan tingkat provinsi.

XS
SM
MD
LG