Tautan-tautan Akses

India Evakuasi Warga Negaranya dari Wuhan, China


Seorang laki-laki mengenakan masker pada anak kecil di luar Rumah Sakit Pemerintah India, dimana seorang pelajar asal India yang pernah berada di Wuhan diisolasi di Thrissur, negara bagian Kerala, India, 30 Januari 2020. (Foto: AP)

India telah mengevakuasi 324 warga negaranya dari Wuhan, pusat wabah virus corona yang mematikan di China. Ratusan warga India tengah menempuh studi di kampus-kampus di kota itu.

Setelah mendarat di New Delhi, Sabtu (1/2), mereka dibawa ke dua fasilitas karantina yang didirikan militer. Di tempat tersebut, mereka akan diobservasi selama dua minggu.

India mengukuhkan kasus virus korona pertamanya, Kamis (30/1), di negara bagian Kerala, yaitu seorang pelajar yang baru kembali dari Wuhan. Kini fokus dari negara terpadat kedua di dunia itu adalah 'kesiapan'.

Lebih dari 200 orang yang mendarat di New Delhi Sabtu (1/2) adalah mahasiswa. Lebih dari 20 ribu warga India kuliah di China, kebanyakan jurusan kedokteran.

Penerbangan kedua dijadwalkan akan membawa lebih banyak warga India dari Wuhan dan wilayah sekitar yang pergerakan penduduknya dibatasi untuk mencegah penyebaran virus itu.

Pihak berwenang memeriksa kesehatan semua orang yang tiba dari China dan Hong Kong di tujuh bandara utama India, dan mengkarantina siapapun yang diduga membawa virus itu. Sekitar 40 orang diisolasi di ke-8 negara bagian. [vm/ah]

XS
SM
MD
LG