Tautan-tautan Akses

Pemimpin Al-Qaida Klaim Warga Jerman Tersangka Serangan 9/11 Tewas


Pemimpin al-Qaida, Ayman al-Zawahri (foto: dok).

Seorang lelaki Jerman yang diduga memberi bantuan logistik kepada para pelaku serangan 11 September yang bermarkas di Hamburg telah meninggal, sebut pesan suara pemimpin al-Qaida yang baru saja dilansir.

Pengumuman yang dikeluarkan Ayman al-Zawahri itu muncul dalam pesan suara 2 Agustus yang diunggah di Internet, di mana ia mengatakan lelaki yang ia sebut sebagai Zuhair al-Maghribi, yang bekerja untuk As-Sahab, jaringan media kelompok teror itu, sebagai “syuhada.”

Ia mengatakan al-Maghribi adalah satu dari beberapa orang yang mengorbankan jiwa mereka. Tetapi ia tidak merinci kapan atau bagaimana mereka tewas.

Al-Maghribi dikenal dengan alias Said Bahaji, yang oleh pihak berwenang disebut bekerja untuk As-Sahab. Ia diburu berdasarkan surat perintah penangkapan internasional yang dikeluarkan Jerman tidak lama setelah serangan teroris tahun 2001 terhadap New York dan Washington.

Bahaji, kelahiran Jerman dari keturunan Maroko, diduga telah membantu para pembajak pesawat pelaku serangan bunuh diri Mohamad Atta, Marwan al-Shehhi dan Ziad Jarrah sewaktu mereka berada di Hamburg, dan telah melarikan diri beberapa waktu sebelum serangan 11 September.

Dalam operasi tahun 2009, militer Pakistan berhasil memasuki kubu pertahanan Taliban di perbatasan Afghanistan dan mereka mendapati antara lain paspor Jerman Bahaji. Di dalamnya ada visa turis untuk memasuki Pakistan dan cap stempel yang menunjukkan ia telah tiba di Karachi, kota di bagian selatan Pakistan pada 4 September 2001.

Keaslian pesan suara al-Zawahri belum dapat dikukuhkan secara independen, tetapi ini mirip pesan-pesan terdahulu yang dilansir oleh pemimpin al-Qaida itu. [uh]

XS
SM
MD
LG