Tautan-tautan Akses

Hezbollah Lebanon dan Al-Qaida Suriah Pertukarkan Tawanan


Cuplikan video yang dirilis hari Sabtu, 22 Juli 2017 menunjukkan seorang pejuang Hezbollah menembakkan pelontar granat selama bentrokan dengan militan yang terkait al-Qaida di perbatasan Lebanon-Suriah (foto: Syrian Central Military Media, via AP)

Banyak ambulan dan bus telah tiba di perbatasan Lebanon-Suriah untuk pertukaran babak kedua antara kelompok militan Lebanon, Hezbollah, dan cabang al-Qaida di Suriah.

Babak kedua itu direncanakan untuk kira-kira 9.000 orang warga Suriah, termasuk ratusan orang lasykar al-Qaida, dimukimkan kembali di negara asal mereka Suriah. Sebagai imbalannya, 8 orang lasykar Hezbolah yang ditawan oleh Front Fatah al-Sham cabang al-Qaida akan dipulangkan ke Lebanon.

Media Militer Pusat Suriah yang dikendalikan pemerintah merilis video dan foto-foto bus dan ambulan di kota perbatasan Lebanon, Arsal, dan desa Fleeta Suriah bersiap-siap untuk evakuasi itu.

Evakuasi hari Senin itu diadakan sehari setelah kedua kelompok mempertukarkan jenazah lasykar mereka yang tewas sebagai bagian dari persetujuan untuk memulihkan ketertiban di zona perbatasan yang diperebutkan. [gp]

XS
SM
MD
LG