Tautan-tautan Akses

Pria Swedia Bebas Setelah 6 Tahun Ditahan Al-Qaida Mali


Menlu Swedia, Margot Wallstrom, tersenyum di depan foto pria Swedia yang baru saja dibebaskan di Mali, Johan Gustafsson (tengah) bersama keluarganya setelah bebas (26/6).

Seorang laki-laki Swedia yang disandera al-Qaida di Mali sejak tahun 2011, dibebaskan, demikian diumumkan Kementerian Luar Negeri Swedia hari Senin.

Johan Gustafsson, usia 42 tahun, dalam kondisi sehat dan bisa pulang ke Swedia, meskipun ia "kewalahan oleh segala hal yang terjadi," ujar Menteri Luar Negeri Margot Wallstrom dalam pernyataan setelah berbicara dengannya melalui telepon.

Gustafsson diculik di Timbuktu, Mali utara, pada November 2011 bersama warga Afrika Selatan Stephen McGowan dan warga Belanda Sjaak Rijke, yang dibebaskan April 2015 oleh pasukan khusus Perancis. Nasib McGowan belum diketahui.

Wallstrom tidak merinci perundingan pembebasan Gustafsson.

Harian Swedia melaporkan ia sudah berada dalam pesawat yang menuju Eropa.

Al-Qaida di wilayah Islam Maghreb, disingkat AQIM, mengaku bertanggungjawab atas penculikan ketiga laki-laki itu, oleh sekelompok orang bersenjata dari teras hotel tempat mereka menginap. Istri Rijke, berhasil melarikan diri, dan seorang Jerman terbunuh ketika berusaha mencegah penculikan.

AQIM menyandera sejumlah orang Barat di Mali utara tahun 2012 sebelum militer Perancis mengerahkan pasukannya pada awal tahun 2013.[ka/ii]

XS
SM
MD
LG