Tautan-tautan Akses

PBB Selidiki Laporan Pembunuhan Warga Sipil oleh Militan di Afghanistan


Para perempuan etnis Hazara melakukan aksi unjuk rasa memrotes pembunuhan warga sipil oleh militan Taliban di Afghanistan (foto: ilustrasi).

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan sedang menyelidiki laporan bahwa militan telah membantai puluhan orang, kebanyakan warga sipil, di Afghanistan utara dalam beberapa hari ini.

Pihak berwenang setempat mengatakan insiden tersebut terjadi pada hari Sabtu setelah Taliban menyerang dan menguasai desa Mirza Olang di provinsi Sar-e Pul.

Gubernur provinsi tersebut menuduh pemberontak Islam membakar sejumlah rumah warga sipil dan membunuh lebih dari 40 orang, termasuk perempuan dan anak-anak. Korban tersebut dari kelompok minoritas Hazara Syiah dan beberapa orang dilaporkan kepala mereka dipenggal.

"Penyelidikan kami terus berlangsung," kata juru bicara Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNAMA) kepada VOA, Senin. Liam McDowall menambahkan bahwa misi tersebut berusaha menjernihkan "serangkaian hal penting" sebelum mengeluarkan pernyataan publik mengenai insiden tersebut.

Juru bicara Taliban telah menolak klaim resmi tersebut sebagai "propaganda musuh tanpa dasar," dan mengatakan kelompoknya tidak terlibat dalam insiden tersebut. [as]

XS
SM
MD
LG