Tautan-tautan Akses

Pakistan Bantah Bantu Pemberontak Afghanistan


Penasehat Keamanan Nasional Amerika H.R. McMaster pada briefing pers di Gedung Putih di Washington, 31 Juli 2017.

Pakistan membantah penilaian terbaru Amerika bahwa Pakistan secara selektif memerangi kelompok-kelompok teroris atau mengizinkan pemberontak menggunakan wilayahnya untuk merencanakan serangan terhadap Afghanistan.

Penasehat Keamanan Nasional Amerika McMaster mengatakan kepada sebuah media Amerika bahwa pemerintahan Trump menghendaki negara-negara kawasan itu, terutama Pakistan, menghentikan pemberian tempat berlindung dan pangkalan pendukung bagi Taliban dan Jaringan Haqqani.

"Pakistan telah mengambil tindakan terhadap semua unsur teroris tanpa pandang bulu. Kami tidak pernah mengizinkan atau tidak akan mengizinkan siapapun menggunakan wilayah Pakistan untuk melawan negara manapun," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Nafees Zakaria kepada VOA ketika diminta tanggapannya mengenai penilaian McMaster tadi.

Juru bicara itu seterusnya mengatakan bahwa Pakistan dan Amerika Serikat telah bekerjsama dalam kontra-terorisme seperti masalah yang dibicarakan ketika penjabat utusan Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan berkunjung ke Islamabad pekan lalu.

Pejabat Afghanistan dan Amerika telah lama menuduh bahwa pasukan keamanan Pakistan memerangi kelompok-kelompok militan anti-pemerintah Pakistan di wilayah mereka tetapi tidak bertindak melawan pemberontak yang merencanakan serangan lintas-perbatasan ke Afghanistan. McMaster dalam wawancara hari Sabtu menyatakan lagi keprihatinan itu. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG