Tautan-tautan Akses

AS

Topan Isaac Masuki Daratan Selatan AS


Badai Isaac yang membawa angin berkecepatan 130 kilometer per jam menerjang kawasan Danau Pontchartrain di New Orleans, Lousiana (28/8).

Badai Isaac yang membawa angin berkecepatan 130 kilometer per jam menerjang kawasan Danau Pontchartrain di New Orleans, Lousiana (28/8).

Badai topan Isaac telah mencapai daratan, dan menerjang pantai tenggara negara bagian Lousiana, wilayah yang terkena bencana badai Katrina pada tahun 2005.

Pusat Topan Nasional mengatakan badai yang kuat itu sampai ke pantai Selasa malam, membawa angin yang berkecepatan 130 kilometer per jam. Para peramal cuaca juga memperingatkan badai yang berbahaya itu menaikkan pasang di bagian utara Pantai Teluk Amerika.

Sebelumnya hari Selasa, Presiden Barack Obama mendesak penduduk agar menghindar dari lintasan badai itu, kalau mereka dapat melakukannya.

Sebelumnya para peramal cuaca melaporkan banjir di daerah-daerah rendah sepanjang pantai. Mereka mengatakan beberapa bagian Lousiana dapat mengalami pasang setinggi 3 hingga 4 meter.

Walikota New Orleans, Lousiana, Mitch Landrieu, telah mempersiapkan kotanya akan kemungkinan pukulan kuat badai topan.

Para peramal cuaca mengatakan badai yang bergerak lambat itu membawa hujan lebat dan angin yang terus-menerus berkecepatan kira-kira 130 kilometer per jam.

Badai Isaac datang tepat tujuh tahun setelah badai Katrina menghantam negara bagian Louisiana pada tahun 2005, menewaskan sedikitnya 1.800 orang dan menimbulkan kerusakan hebat.
XS
SM
MD
LG