Tautan-tautan Akses

Florida Siap Hadapi Kemungkinan Terburuk Badai Isaac


Warga Tampa, Florida berjalan di Bayshore Boulevard, jalanan dekat pantai di Tampa menjelang datangnya badai Isaac (27/8).

Warga Tampa, Florida berjalan di Bayshore Boulevard, jalanan dekat pantai di Tampa menjelang datangnya badai Isaac (27/8).

Badai Isaac yang semula diperkirakan menghantam kawasan Tampa Bay, Florida, Minggu malam akhirnya menjauh. Namun, warga Florida masih berjaga-jaga menghadapi kemungkinan terburuk.

Warga kota Tampa, Florida sejak dua hari terakhir telah bersiap-siap menghadapi badai Isaac yang berkecepatan sekitar 100 kilometer per jam dan diperkirakan akan terus menguat.

Karung-karung pasir ditempatkan di depan pintu masuk rumah warga di Pinellas dan Hillsborough, tempat-tempat penampungan darurat telah dibangun, sementara kantor dan sekolah ditutup. Hotel-hotel dan fasilitas umum lainnya seperti rumah sakit dan toko-toko penjual bahan kebutuhan pokok masih berfungsi normal, meskipun mereka tetap melakukan persiapan.

John Oberly, General Manager Hyatt Place Hotel yang ditemui Minggu sore mengatakan Tampa Bay sebenarnya sudah terbiasa menghadapi badai tropis seperti Isaac, karenanya ia sudah melakukan persiapan, seperti menyiapkan genset jika listrik terputus, menyediakan makanan pokok di dalam lingkungan hotel jika sewaktu-waktu badai memburuk. Termasuk, menyediakan petunjuk praktis bagi para tamu agar terhindar dari bahaya.

Persiapan serupa juga dilakukan panitia pelaksana Konvensi Nasional Partai Republik. Dalam conference call bersama sekitar 30an wartawan Minggu malam, ahli strategi Partai Republik bagi pemenangan Mitt Romney, Russ Schriefer, mengatakan terpaksa menunda pelaksanaan konvensi hingga hari Selasa. Pembukaan acara resmi tetap diadakan pada Senin siang, tapi acara ini diperkirakan akan berlangsung selama 10 menit, karena hanya berfungsi untuk membuka acara dan menunda konvensi hingga Selasa siang.


Dalam conference call selama 15 menit yang dilakukan melalui jaringan telepon itu, Russ Schriefer juga memastikan sejumlah tokoh yang akan berpidato mulai Selasa siang. Tokoh-tokoh itu antara lain: walikota Tampa Bob Buckhorn, Ketua RNC Reince Priebus, Ketua DPR John Boehner, mantan pesaing Mitt Romney dalam pemilu, Rick Santorum dan beberapa gubernur negara bagian.

Puncak acara Selasa malam akan diisi dengan bintang Partai Republik, Chris Christie yang dikenal kritis dan istri capres, Ann Romney.

Saat berita ini diturunkan, badai Isaac mulai menjauhi Tampa, Florida. Namun sebagaimana penjelasan John Oberly, persiapan berkala tetap diperlukan untuk menghadapi badai yang memang kerap melanda negara bagian Florida.
XS
SM
MD
LG