Tautan-tautan Akses

Jadwal Konvensi Politik AS Terganggu Badai Tropis

  • Michael Bowman

Para pekerja mempersiapkan panggung Konvensi Nasional Partai Republik di Tampa Bay Times Forum, Tampa, Florida. (Foto: AP)

Para pekerja mempersiapkan panggung Konvensi Nasional Partai Republik di Tampa Bay Times Forum, Tampa, Florida. (Foto: AP)

Akibat badai tropis Isaac jadwal Konvensi Nasional Partai Republik untuk mengumumkan kandidat presiden pun berubah dan berkurang satu hari.

Para pejabat Partai Republik memperkirakan konvensi pencalonan presiden di Tampa, Florida, akan berhasil, meski ada badai kuat yang mendekati negara bagian tersebut memaksa kegiatan Senin ini batal. Konvensi untuk menominasikan Gubernur Mitt Romney untuk menghadapi Presiden Barack Obama pada pemilihan umum November mendatang tersebut akan berlangsung selama tiga hari, berkurang dari empat hari dalam jadwal semula.

Setiap detil Konvensi Nasional Partai Republik direncanakan selama berbulan-bulan sebelumnya untuk mendorong kans Mitt Romney serta partai tersebut secara keseluruhan. Saat ini jadwal konvensi sedang diatur ulang akibat cuaca yang tak terduga. Badai tropis Isaac diperkirakan berubah menjadi angin topan dan melewati Tampa Senin ini.

Ketua panitia nasional Partai Republik Reince Priebus mengatakan badai Isaac tidak akan membatalkan pertemuan tersebut.

“Pertunjukan tetap berlangsung. Kami akan tetap menyelenggarakan Konvensi Nasional Partai Republik,” ujarnya. “Kami akan mencalonkan Mitt Romney [kandidat wakil presiden] Paul Ryan. Acara di Tampa ini akan berlangsung menyenangkan.”

Priebus berbicara dalam program televisi AS Fox News Sunday. Ia mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan konvensi pada Senin ini dibatalkan untuk memastikan keselamatan para hadirin, dan ada kemungkinan jadwal-jadwal lain berubah jika diperlukan.

“Kita lihat situasinya nanti. Kita akan berbuat cepat dan melakukan yang paling baik. Keselamatan adalah prioritas utama,” ujar Priebus.

Konvensi-konvensi nasional adalah kesempatan utama bagi partai politik di Amerika untuk menyampaikan pesan-pesan kepada para pemilih dan mempengaruhi opini publik. Kegiatan-kegiatan ini dianggap krusial untuk upaya partai oposisi dalam memperkenalkan kandidat presiden pada panggung nasional.

Gubernur Virginia Bob McDonnel adalah salah satu dari anggota Partai Republik yang dijadwalkan berpidato. Tampil dalam program This Week di stasiun televisi ABC, McDonnell memperkirakan konvensi tersebut akan mendorong partai dan memperluas daya tariknya terhadap masyarakat Amerika.

“Para pemilih independen mulai memperhatikan situasi sekarang dan ingin melihat Mitt Romney dan Paul Ryan berbicara,” tambahnya. “Jadi saya kira kita akan tetap mendapat perhatian yang cukup dan pesannya akan baik.”

Partai Demokrat akan mencalonkan Presiden Barack Obama untuk periode kedua minggu depan di North Carolina.
XS
SM
MD
LG