Tautan-tautan Akses

Senat AS Kutuk Tindakan Tiongkok di Laut Cina Selatan


Senator AS John McCain mendesak pemerintah AS agar lebih berperan dalam sengketa wilayah di Laut Cina selatan.

Senator AS John McCain mendesak pemerintah AS agar lebih berperan dalam sengketa wilayah di Laut Cina selatan.

Para Senator AS menyepakati resolusi yang mengutuk penggunaan kekuatan oleh kapal-kapal Tiongkok di zona maritim strategis itu.

Senat Amerika mengutuk penggunaan kekuatan oleh Tiongkok di perairan Laut Cina Selatan yang disengketakan.

Para Senator dengan suara bulat menyepakati resolusi yang mengutuk penggunaan kekuatan oleh kapal-kapal Tiongkok di zona maritim strategis yang diklaim oleh beberapa negara. Resolusi itu menyerukan penyelesaian damai sengketa tersebut.

Dalam beberapa minggu ini, ketegangan telah meningkat di daerah sekitar Kepulauan Spratly dan Paracel yang tidak berpenduduk di Laut Cina Selatan, yang diklaim Tiongkok sebagai wilayahnya. Filipina dan Vietnam telah melaporkan insiden-insiden dengan kapal-kapal Tiongkok di daerah yang kemungkinan kaya sumber-daya alam itu.

Kedua negara, serta Malaysia, Brunai dan Taiwan, mempunyai klaim wilayah yang tumpang-tindih di Laut Cina Selatan.

Amerika Serikat hari Sabtu meminta kepada Tiongkok agar meredakan ketegangan melalui dialog dengan negara-negara lain yang mempunyai klaim di kawasan itu.

Asisten Menteri Luar negeri Amerika Kurt Campbell membicarakan hal itu dengan pejabat Tiongkok Cui Tiankai dalam pertemuan di Honolulu. Ia mengatakan Amerika Serikat mendukung peran yang kuat bagi Beijing, tetapi menambahkan bahwa Tiongkok harus meredakan keprihatinan kawasan itu mengenai perluasan militer Tiongkok.

Tiongkok sebelumnya memperingatkan Washington agar jangan terlibat dalam sengketa yang meningkat itu.

XS
SM
MD
LG