Tautan-tautan Akses

McCain Himbau AS Tingkatkan Peran dalam Sengketa Laut Cina Selatan


Senator John McCain

Senator John McCain

Mantan kandidat presiden AS, Senator McCain mengatakan ia risau dengan tindakan Beijing yang kian keras di Laut Cina Selatan.

Senator Amerika John McCain mengatakan Amerika Serikat harus membantu negara-negara di kawasan Asia Tenggara meningkatkan kekuatan maritim mereka guna menangkis klaim territorial Tiongkok di Laut Cina Selatan yang belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Sewaktu berbicara di Washington Senin malam, mantan kandidat presiden itu mengatakan ia risau dengan tindakan Beijing yang kian keras di Laut Cina Selatan, terutama di perairan yang diklaim anggota-anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN.

Ketegangan meningkat antara Tiongkok dan beberapa tetangganya di kawasan Asia Pasifik, termasuk Filipina dan Vietnam, terkait Laut Cina Selatan, yang diyakini mengandung cadangan minyak dan gas bumi dalam jumlah besar.

Harian Global Times Tiongkok menyebutkan dalam tajuknya hari Selasa bahwa Vietnam yang terutama harus dipersalahkan atas sengketa tersebut, dan bahwa Beijing akan menyelesaikan masalah ini melalui perundingan atau melalui tindakan militer. Sementara itu, surat kabar Hong Kong Hong Kong Commercial Daily, menyatakan Tiongkok telah memajukan ujicoba kapal induk baru menjadi 1 Juli karena ketegangan di perairan itu.

XS
SM
MD
LG