Tautan-tautan Akses

Tiongkok Bela Latihan Militer di Laut Cina Selatan


Pasukan angkatan Laut Tiongkok mengaku melakukan latihan militer rutin di Laut Cina selatan.

Pasukan angkatan Laut Tiongkok mengaku melakukan latihan militer rutin di Laut Cina selatan.

Militer Tiongkok mengatakan latihan itu adalah latihan rutin tahunan dan tak ada hubungannya dengan perselisihan maritim dengan Vietnam dan Filipina.

Militer Tiongkok bersikeras mengatakan bahwa serangkaian latihan angkatan laut baru-baru ini tidak ada hubungannya dengan perselisihannya dengan negara-negara tetangganya di kawasan itu mengenai Laut Cina Selatan.

Jurubicara Kementerian Pertahanan Yang Yujun mengatakan hari Rabu laporan-laporan media telah terlalu berspekulasi tentang 6 kali latihan angkatan laut bulan ini, termasuk latihan di perairan dekat Pulau Hainan, Tiongkok, yang berbatasan dengan Vietnam.

Dia mengatakan latihan-latihan itu adalah latihan-latihan rutin tahunan dan tidak ada hubungannya dengan perselisihan maritim Tiongkok dengan Vietnam dan Filipina.

Yang juga mengatakan latihan angkatan laut yang sedang berlangsung yang melibatkan Amerika Serikat dan Filipina sebaiknya jangan diarahkan ke negara ketiga manapun.

Latihan angkatan laut tersebut dimulai hari Selasa di Laut Sulu, yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan dekat Kepulauan Spratley yang disengketakan.


XS
SM
MD
LG