Tautan-tautan Akses

Santorum Menangkan Pemilu Capres AS di Mississippi dan Alabama


Kandidat capres partai Republik AS, mantan senator Rick Santorum menyampaikan pidato kemenangannya di Lafayette (13/3).

Kandidat capres partai Republik AS, mantan senator Rick Santorum menyampaikan pidato kemenangannya di Lafayette (13/3).

Santorum menang tipis di negarabagian yang sangat konservatif, Mississippi dan Alabama. Newt Gingrich berada di tempat kedua, dan Romney memperoleh posisi ketiga.

Kontestan calon presiden dari partai Republik Rick Santorum telah memenangkan pemilihan pendahuluan di negara bagian di selatan Amerika, Mississippi dan Alabama, yang memperkuat statusnya sebagai calon konservatif yang dapat menyaingi Mitt Romney, calon yang unggul dalam keseluruhan pemungutan suara.

Santorum dengan tipis memenangkan kedua negara bagian yang sangat konservatif itu, dan Newt Gingrich memenangkan tempat kedua, sementara Romney memperoleh kedudukan ketiga.

Mantan senator dari Pennsylvania itu memberitahu pendukung bahwa kampanyenya ditujukan kepada rakyat biasa yang melakukan hal-hal yang luar biasa. Ia mengatakan sudah waktunya bagi kaum konservatif untuk bersatu supaya mereka dapat menghadapi Presiden Barack Obama dalam pemilu bulan November nanti.

Gingrich tadinya berharap memenangkan paling sedikit satu dari kedua negara bagian untuk mempertahankan pencalonannya. Tetapi, bekas ketua DPR itu mengatakan kepada para pendukung dalam rapat umum larut malam di Birmingham, Alabama, bahwa ia akan tetap turut dalam pemilihan, dan menggambarkan dirinya sebagai calon terbaik untuk melaksanakan warisan konservatisme mantan Presiden Ronald Reagan.

Kekalahannya di kedua negara bagian itu adalah satu lagi pukulan terhadap usaha Romney untuk memenangkan dukungan dari anggota partai Republik yang sangat konservatif dan kuat beragama yang sebegitu jauh mendukung Santorum.

Walaupun kalah dalam pemilihan hari Selasa, Romney, bekas gubernur negara bagian Massachusetts, tetap unggul dalam perolehan delegasi, dan hampir 40 persen dari ke-1.144 delegasi yang dibutuhkan untuk menjadi calon presiden dari Partai Republik.

XS
SM
MD
LG