Tautan-tautan Akses

Di Louisiana, Rick Santorum Lebih Populer Daripada Mitt Romney


Kandidat Presiden Partai Republik, Rick Santorum (Foto: dok).

Kandidat Presiden Partai Republik, Rick Santorum (Foto: dok).

Kandidat presiden dari Partai Republik Rick Santorum lebih disukai dalam pemilihan pendahuluan di negara bagian Louisiana hari Sabtu ini (24/3), meskipun kandidat terdepan Mitt Romney hampir memenangkan nominasi.

Romney, mantan gubernur Massachusetts, memenangkan pemilihan pendahuluan di Illinois hari Selasa. Dia sekarang telah mengumpulkan lebih dari 550 delegasi, sementara Santorum memperoleh sekitar 250 dari 1.144 yang dibutuhkan untuk meraih nominasi. Empat puluh enam delegasi akan ditentukan hari Sabtu ini di Louisiana.

Romney memperoleh dukungan dari para tokoh Partai Republik yang banyak di antaranya menginginkan kontes dalam partai itu segera berakhir tanpa lebih banyak serangan politik yang dapat melemahkan kemungkinan partai itu untuk mengalahkan Presiden Barack Obama pada bulan November.

Santorum telah bertekad untuk merebut lebih banyak delegasi sampai konvensi partai Republik pada bulan Agustus jika Romney tidak dapat memenangkan delegasi yang diperlukan untuk meraih nominasi. Calon presiden akan diputuskan dalam konvensi jika tidak ada calon yang memperoleh cukup delegasi sebelumnya.

Dua kandidat lain dari Partai Republik, mantan ketua DPR Newt Gingrich dan anggota Kongres dari Texas Ron Paul, mengumpulkan lebih sedikit delegasi, yang bila jumlahnya digabungkan masih lebih kecil dari jumlah delegasi yang diperoleh kontestan nomor dua, Rick Santorum.

XS
SM
MD
LG