Tautan-tautan Akses

Para Kontestan Capres Hadapi Pemilihan di Mississippi dan Alabama


Kandidat capres AS partai Republik, Mitt Romney (Foto: dok)

Kandidat capres AS partai Republik, Mitt Romney (Foto: dok)

Tiga kontestan teratas, Mitt Romney, Rick Santorum dan Newt Gingrich, bersaing untuk memperoleh dukungan di negarabagian Alabama dan Mississippi, Senin (12/3).

Kampanye para kontestan calon presiden Amerika dari partai Republik menuju bagian selatan Amerika, dimana negara-negara bagian Alabama dan Mississippi mengadakan pemilihan pendahuluan hari Selasa.

Romney muncul bersama pelawak Jeff Foxworthy dalam kampanye rapat umum di Alabama, sementara Santorum dan Gingrich berbicara dalam forum energi di Mississippi.

Poll menunjukkan persaingan berimbang di antara ketiganya. Negara-negara bagian yang secara tradisional konservatif itu penting sementara para kontestan berusaha memperluas dukungan bagi mereka di kalangan anggota partai Republik.

Romney, seorang mantan gubernur Massachusetts, jauh unggul dalam kesuluruhan pemungutan suara partai Republik dan sudah memenangkan 40 persen dari ke-1.144 delegasi yang dibutuhkan untuk menjadi calon presiden dari partai Republik. Tetapi, ia mengalami kesulitan memperoleh dukungan dari pemilih golongan pekerja dan konservatif agama, yang tertarik pada saingan utamanya, Santorum, seorang mantan senator Amerika dari Pennsylvania.

Gingrich, seorang mantan ketua DPR, sedang berusaha untuk bangkit kembali setelah menang pekan lalu di negara bagian asalnya Georgia.

XS
SM
MD
LG