Tautan-tautan Akses

Pemilihan Capres Partai Republik AS: Santorum Menang di Kansas, Romney Unggul di Wyoming


Kandidat Calon Presiden dari Partai Republik, Rick Santorum (Foto: dok)

Kandidat Calon Presiden dari Partai Republik, Rick Santorum (Foto: dok)

Rick Santorum menang besar dalam kaukus di Kansas, sementara Mitt Romney menang besar di Wyoming, Guam, Northern Mariana Islands, Kepulauan Mariana Utara dan Virgin Islands.

Total 52 delegasi diperebutkan dalam dua kaukus itu, 40 di Kansas dan 12 di Wyoming. Santorum memperoleh 33 delegasi di Kansas sementara Romney mendapat selebihnya sebanyak tujuh delegasi.

Di Wyoming yang berpenduduk sedikit, Romney meraih tujuh dari 12 delegasi yang diperebutkan. Wyoming adalah negara bagian dengan populasi terkecil Amerika, dengan kurang dari 600 ribu penduduk.

Romney menambah kemenangannya ketika memenangkan ke sembilan delegasi dari pulau Guam, sembilan lainnya dari Northern Mariana Islands dan tujuh dari U.S.Virgin Islands.

Kemenangan Santorum di Kansas memberikan dorongan bagi kampanyenya untuk mengalahkan Romney untuk bersaing melawan Presiden Barack Obama dalam pemilu bulan November.

Seorang kandidat harus meraih 1144 delegasi untuk memenangkan pencalonan presiden Partai Republik pada konvensi nasional di Tampa, Florida akhir bulan Agustus mendatang. Calon yang terpilih akan menghadapi Presiden Obama dari Partai Demokrat dalam pemilu bulan November mendatang.

XS
SM
MD
LG