Tautan-tautan Akses

Pyongyang Serukan Hubungan Lebih Baik dengan Korsel


Warga Korsel membakar poster pemimpin Korut Kim Jong-il dan Kim Jong-un dalam protes di Seoul, 28 Desember 2010.

Warga Korsel membakar poster pemimpin Korut Kim Jong-il dan Kim Jong-un dalam protes di Seoul, 28 Desember 2010.

Tajuk rencana Tahun Baru media pemerintah Korut mengatakan konfrontasi antara Utara dan Selatan hendaknya diredakan sedini mungkin.

Korea Utara menyerukan hubungan yang lebih baik dengan Korea Selatan dan lebih banyak dialog antara kedua negara yang bersaingan itu. Tajuk rencana Tahun Baru yang dimuat oleh media pemerintah Korea Utara mengatakan konfrontasi antara Utara dan Selatan hendaknya diredakan sedini mungkin.

Tajuk tersebut mengatakan usaha diplomasi hendaknya dilakukan untuk menciptakan suasana dialog dan kerjasama antara kedua negara. Tajuk tersebut juga mengatakan Korea Utara, yang telah melakukan dua kali percobaan nuklir, mendukung penghapusan nuklir.

Hubungan antara Korea Utara dan Selatan jatuh bulan November ketika Utara menembaki dengan artileri satu pulau di Selatan, menewaskan 4 orang. Korea Selatan sejak itu telah melancarkan beberapa latihan militer, termasuk latihan peluru tajam bulan Desember di pulau yang ditembaki artileri Korea Utara itu. Namun, Korea Utara tidak melaksanakan ancamannya untuk melakukan serangan lagi.

Siaran televisi pemerintah Korea Utara dilarang menayangkan film produksi Barat.

Siaran televisi pemerintah Korea Utara dilarang menayangkan film produksi Barat.

Dalam berita lainnya, Inggris hari Kamis mengatakan Korea Utara melanggar aturannya sendiri pekan ini dan menayangkan film produksi Barat pada stasiun televisi pemerintahnya.

Duta Besar Inggris Untuk Korea Selatan Mardin Uden memasang pesan di akun twitter-nya hari Kamis, bahwa film berjudul “Bend It Like Beckham” ditayangkan hari Minggu lalu, menjadi film produksi Barat pertama yang ditayangkan di Korea Utara.

Sewaktu penayangan film tersebut, sebuah pesan yang ditayangkan mengatakan film ini disajikan untuk memperingati perayaan tahun ke-10 hubungan diplomatik Korea Utara dan Inggris. Martin Uden mengatakan penayangan film tersebut diatur oleh Kedutaan Besar Inggris.

Film ini adalah tentang sepakbola – olahraga yang disukai di Korea Utara – tetapi juga menceritakan beberapa topik terlarang seperti hubungan antar-ras, homoseksualitas dan agama.

XS
SM
MD
LG