Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Pertimbangkan Strategi Penyatuan Kembali dengan Utara


Presiden Korsel Lee Myung-bak menerima rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan untuk menyerap Korea Utara ke dalam Selatan.

Presiden Korsel Lee Myung-bak menerima rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan untuk menyerap Korea Utara ke dalam Selatan.

Mulai tahun 2011, Seoul akan memusatkan perhatian, bukan lagi pada dialog, tetapi pada usaha menyatukan kembali Utara dengan Selatan.

Laporan berita dari Korea Selatan mengatakan pemerintah di Seoul kemungkinan akan mengubah kebijakannya terhadap Korea Utara tahun depan dari usaha penggalakan kerjasama lintas perbatasan menjadi persiapan untuk penyatuan kembali kedua Korea.

Laporan pada hari Rabu mengutip pejabat Seoul mengatakan bahwa dalam tahun 2011 mereka akan memusatkan perhatian pada usaha memperkuat kemampuan penyatuan kembali negara bukan lagi berdialog dengan Utara.

Kantor berita Yonhap menyebut bahwa dalam laporan kepada Presiden Lee Myung-bak, Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan mengatakan penyatuan kembali dengan menyerap Korea Utara ke dalam Selatan, hendaknya juga dipertimbangkan.

Kementerian tersebut mengatakan mereka akan berusaha membentuk konsensus mengenai penyatuan kembali, dengan Amerika Serikat, Jepang dan negara bersahabat lainnya. Mereka juga berencana untuk mengkaji dan bersiap-siap menanggulangi masalah hukum dan ekonomi yang tersangkut dalam proses pernyatuan kembali.

Dalam tajuknya, surat kabar Chosum Ilbo memperingatkan bahwa pemerintah hendaknya mempertimbangkan semua dampak perubahan kebijakan demikian. Tajuk tersebut mengatakan Seoul akan menghadapi reaksi dari Korea Utara dan sekutunya Tiongkok, serta dari pohak oposisi di dalam negeri.

XS
SM
MD
LG