Tautan-tautan Akses

Putin Kecewa atas Keputusan AS Batalkan Pembicaraan


Presiden Rusia Vladimir Putin kecewa dengan keputusan Amerika membatalkan pertemuan bilateral di Moskow secara sepihak (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin kecewa dengan keputusan Amerika membatalkan pertemuan bilateral di Moskow secara sepihak (foto: dok).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, ia kecewa dengan keputusan Presiden Amerika Barack Obama yang membatalkan sebuah pertemuan bilateral di Moskow.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, ia kecewa dengan keputusan Presiden Amerika Barack Obama yang membatalkan sebuah pertemuan bilateral di Moskow setelah Rusia memberi suaka sementara kepada pembocor informasi intelijen Amerika Edward Snowden.

Putin mengeluarkan pernyataan itu Selasa dalam sebuah wawancara dengan Associated Press dan televisi pemerintah Rusia, Channel 1. Mantan agen KGB itu menuduh para pejabat intelijen Amerika bekerja buruk dalam menangani urusan Snowden, dengan mengatakan bahwa Amerika bisa mencegat Snowden sewaktu berada dalam transit dari Hong Kong ke Rusia pada bulan Juni, namun malah menekan negara-negara lain untuk menolak menerima Snowden.

Ia juga membantah bahwa Rusia memiliki kebijakan-kebijakan anti-gay, dengan menambahkan bahwa Obama diperkenankan bertemu dengan para gay sewaktu berada di Rusia untuk mengikuti KTT G-20 yang dijadwalkan berlangsung pekan ini. Ia mengatakan, ia sendiri bahkan mungkin bertemu dengan kelompok-kelompok gay tersebut. Putin mengatakan, atlit-atlit gay yang akan mempertontonkan simbol-simbol gay di Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia, tidak akan dihukum.

Ia mengecam mereka yang mengatakan bahwa berdasarkan bahasa tubuh dirinya dan Obama, kedua pemimpin itu memiliki hubungan yang sulit. Ia mengatakan, Obama mudah diajak bicara dan presiden Amerika menyampaikan sikap yang jelas.
XS
SM
MD
LG