Tautan-tautan Akses

AS

Peran CIA Meningkat Sejak Serangan 9/11


Kantor pusat CIA di kota Langley, negara bagian Virginia (foto: dok). Peran CIA makin luas dalam 12 tahun terakhir sejak serangan teroris tahun 2001.

Kantor pusat CIA di kota Langley, negara bagian Virginia (foto: dok). Peran CIA makin luas dalam 12 tahun terakhir sejak serangan teroris tahun 2001.

Peran CIA makin luas, mulai dari pengumpulan intelijen sampai operasi terselubung di medan perang, dalam 12 tahun terakhir sejak serangan 11 September 2001 terhadap AS.

Sebuah dokumen yang baru dibocorkan oleh mantan kontraktor intelijen Amerika Edward Snowden menunjukkan peningkatan peran yang dimainkan CIA dalam operasi mata-mata Amerika .

Dokumen yang diterbitkan harian Washington Post hari Kamis menunjukkan pemerintah mempunyai 52,6 milyar dolar "anggaran gelap" untuk memata-matai, melakukan aksi militer rahasia dan mengumpulkan intelijen pada tahun anggaran yang berakhir bulan September. Lebih dari seperempat anggaran itu masuk ke CIA, melebihi pengeluaran 15 agen mata-mata Amerika lainnya, termasuk Badan Keamanan Nasional dan Kantor Pengintaian Nasional.

Seorang pakar keamanan nasional dari Federation of American Scientist, Steven Aftergood, mengatakan kepada VOA bahwa peran CIA makin luas dalam 12 tahun terakhir sejak serangan teroris al - Qaida tanggal 11 September 2001 terhadap Amerika, mulai dari pengumpulan intelijen sampai operasi terselubung di medan perang.

Akibatnya, menurut Aftergood, CIA mengklaim bagian lebih besar dari anggaran intelijen Amerika, meningkat mungkin sekitar 10 persen dari anggaran tahun 1990-an.

Aftergood mengatakan pengeluaran Amerika untuk operasi intelijen jauh melampaui negara-negara lain - mungkin 10 kali lebih besar. Aftergood mengatakan sebagian karena komitmen keamanan Amerika terhadap negara-negara lain dan peran Amerika sebagai negara adidaya militer di dunia .

Meskipun pemerintah Amerika setiap tahun mengungkapkan pengeluaran intelijennya secara keseluruhan, dokumen 178 halaman yang dibocorkan Snowden itu merinci berapa banyak anggaran dan ke badan mana bahkan bagaimana badan itu menggunakan dana tersebut.
XS
SM
MD
LG