Tautan-tautan Akses

Piala Dunia Bisa Dongkrak 0,5 Persen PDB Afsel

  • Ian Umar

Pemerintah Afsel merenovasi total bandara internasional di Johannesburg yang kini mampu menampung 28 juta penumpang per tahun.

Pemerintah Afsel merenovasi total bandara internasional di Johannesburg yang kini mampu menampung 28 juta penumpang per tahun.

Pemerintah Afsel mengatakan Piala Dunia akan mampu meningkatkan PDB, investasi asing dan pariwisata.

Piala Dunia akan mendatangkan secara signifikan pertumbuhan ekonomi nasional, investasi asing dan pariwisata, serta sebuah cara untuk menyatukan bangsa itu.

Demikian menurut pemerintah Afrika Selatan, yang memperkirakan memperkirakan pertandingan Piala Dunia ini akan meningkatkan produk domestik bruto (GDP) sebesar setengah persen tahun ini. Walaupun begitu, sejumlah analis yang diwawancarai beberapa kantor berita, mengatakan peningkatannya akan lebih kecil dari jumlah tersebut.

Afrika Selatan menghabiskan lebih dari lima milyar dolar AS untuk merenovasi stadion, bandar udara, jalur rel kereta api berkecepatan tinggi dan infrastruktur lainnya untuk mengakomodasi ribuan penggemar sepak bola.

Pertandingan Piala Dunia ditayangkan melalui televisi ke lebih dari 200 negara dan ratusan juta orang menonton setiap pertandingan pada saat bersamaan. Tapi, melorotnya pertumbuhan ekonomi telah mengurangi jumlah pengunjung yang diharapkan membeli tiket untuk melihat pertandingan secara langsung, dari 450.000 menjadi 400.000 atau kurang dari itu.

Walaupun demikian, salah satu asosiasi perhotelan mengatakan pemesanan kamar sudah penuh, dan harga saham perusahaan bir dan minuman anggur Afrika Selatan telah meningkat.

Studi akademik mengenai dampak ekonomi acara olahraga besar sebelumnya, termasuk Olimpiade dan Piala Dunia lainnya, mengatakan pihak penyelenggara sering membuat prediksi yang terlalu optimis tentang jumlah lapangan kerja yang tercipta oleh acara-acara semacam ini.

XS
SM
MD
LG